Jangan lengah saat belanja online/Freepik
Jangan lengah saat belanja online/Freepik
KOMENTAR

BEBERAPA hari menjelang Lebaran, lonjakan jumlah pengguna platform belanja online seringkali membuat barang sampai tujuan dalam waktu lebih lama.

Tak heran bila saat ini banyak konsumen yang mendapat chat dalam fitur pesan instan mengatasnamakan kurir platform belanja online. Mereka mengirim pesan singkat berupa resi berformat APK yang menggunakan logo perusahaan ekspedisi, yang membuat konsumen percaya. Penipuan itu disebut sebagai sniffing.

Saat konsumen meng-klik atau mengunduh, maka penipu bisa meretas data penting di ponsel dengan menggunakan malware.

Berikut ini tips menghindari sniffing yang dibagikan oleh platform belanja online Blibli.

1# Jangan asal meng-klik atau mengunduh file dari nomor tak dikenal. Kita harus selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan penipuan secara digital, terlebih lagi dalam kondisi ‘hectic’ menjelang hari raya. Bila sudah terlanjur meng-klik file dalam format APK, segera lakukan factory reset. Ponsel akan kembali ke kondisi asal dari pabrik dengan risiko hilangnya semua data di ponsel, termasuk foto.  

2# Mengganti password secara berkala. Memang merepotkan, tapi mengganti kata sandi secara berkala merupakan salah satu langkah jitu untuk menghindari penipuan digital. Sekali lagi, jangan membuat password dengan tanggal lahir yang sangat mudah ditebak.

3# Cermatlah terhadap izin akses aplikasi. Cek dulu izin akses yang akan diambil aplikasi untuk memastikan keamanannya. Jika muncul peringatan keamanan, hentikan pemasangan aplikasi—terutama yang dikirim melalui chat.

4# Segera melapor ke pihak berwenang. Jika ada aktivitas mencurigakan di platform belanja online, segera hubungi layanan pelanggan platform tersebut.

Dan jika kita menerima tautan atau berkas yang mencurigakan, kita dapat melapor ke https://aduannomor.id yang merupakan situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Situs ini merupakan portal yang menerima aduan masyarakat terkait nomor seluler yang digunakan untuk penipuan.

Yuk, jadi konsumen cerdas agar belanja online jadi sarana memudahkan dan bukan membahayakan.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family